Trisna Willy Minta Agen SPAK Perluas Jaringan Hingga Sebarkan Nilai Anti Korupsi

Dewan Pembina DWP Kemenag Trisna Willy

Depok, [ItjenNews] - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Trisna Willy meminta agen Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Kemenag memperluas jaringan dengan organisasi lain. Perluasan jaringan diharapkan Willy akan mendorong meluasnya penyebaran nilai-nilai anti korupsi.

Hal ini disampaikan Trisna Willy saat menjadi narasumber pada kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Program Pencegahan Korupsi SPAK, di Depok, Jawa Barat. “Kita harus bisa membuka jaringan kemana saja untuk mensosialisasikan nilai-nilai anti korupsi,” pesan Trisna Willy, Kamis (22/11).

Willy juga mengapresiasi agen-agen SPAK Kemenag yang telah membuka jaringan. Berdasarkan laporan yang ia terima, ada agen-agen SPAK Kemenag yang juga sudah bergabung dengan agen SPAK di kementerian/lembaga lainnya. “Di Sultra misalnya, agen SPAK kita telah bergabung dengan  agen SPAK dari Polri, maupun dinas lainnya untuk bersama-sama menyebarkan nilai-nilai anti korupsi,” tutur Willy.

Sementara di daerah lain, Willy mengaku mendapat laporan bahwa agen-agen SPAK Kemenag juga telah membuat jejaring dengan ormas-ormas perempuan seperti Muslimat NU, Aisyiah, serta majelis-majelis taklim. Semuanya, dalam rangka menebarkan nilai-nilai anti korupsi.

“Jadi agen SPAK itu menebar kebaikan. Bahkan teman-teman agen SPAK di Madiun ada yang melakukan sosialisasi hingga turun ke sawah-sawah,” tambahnya.

Sebelumnya, Willy juga menyampaikan survei capaian gerakan SPAK Kemenag. Survei yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemenag ini bertujuan untuk memotret Gerakan SPAK Kemenag paska dilakukan training of trainer (TOT) oleh KPK RI dan Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ), Maret 2018 lalu.

Saat ini menurut Willy, Kemenag memiliki 164 agen SPAK yang telah mengikuti TOT. Berdasarkan hasil survei yang  diikuti oleh 93 agen SPAK  Kemenag, mulai bulan Maret – Oktober 2018 sekurangnya terdapat 1.271 kegiatan sosialisasi SPAK Kemenag di seluruh Indonesia.

Aktivis AIPJ, Judi Kristianti yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan evaluasi ini menyampaikan apresiasinya terhadap gerakan SPAK Kemenag yang ia sebut cukup masif. “Saya bukan cuma mengapresiasi untuk semangatnya, tapi juga kerelaannya untuk bergerak di gerakan SPAK ini. Apa yang telah dilakukan agen SPAK Kemenag telah menginspirasi teman-teman di kementerian lainnya,” ujar Judi.

 

Kontributor: Indah Limy

Redaktur/Editor: Nurul Badruttamam/Fajar Harnanto

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN