Tinjau MTQN dan Pameran, Menag Harap MTQN Berjalan dengan Baik

Medan, [Kemenag] - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berkesempatan meninjau lokasi-lokasi (venue) Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional (MTQN) XXVII yang dihelat di Medan 4 s.d 13 Oktober 2018, Provinsi Sumatera Utara. "Alhamdulillah nampaknya sudah cukup baik kesiapan-kesiapan yang ada," ujar Menag ketika dimintai keterangan oleh para wartawan, Minggu (07/10)

Didampingi sang istri, Trisna Willy Lukman Hakim, Dirjen Bimas Islam Muhamadiyah Amin, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumut Darmansyah beserta sejumlah tokoh lainnya, Menag tiba di lokasi pameran UKM-Bazar-Halal Food MTQN XXVII yang berada di samping Gedung Serbaguna Jl. Willem Iskandar Medan. Pameran yang menyajikan berbagai hasil kerajinan tangan, busana muslim hingga kuliner ini diikuti 317 stand yang berasal dari UKM, instansi, BUMN hingga BUMD di Sumatera Utara, juga diikuti oleh unit eselon I di lingkungan Kementerian Agama. 

"Pelayanan apa saja yang dihadirkan di stand ini?" ujar Menag, ketika berkunjung ke stand Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. "Apakah di sini bisa mencek estimasi keberangkatan haji?" tanya Menag. "Bisa pak, kami bisa bantu cek melalui aplikasi," ujar Neny si penjaga stand.

Tiba di stand Ditjen Bimas Islam, Menag menyaksikan Konsultasi Pranikah yang diikuti oleh sejumlah calon pengantin (catin) dikemas dalam permainan (game) yang menarik dipandu oleh Alissa Wahid.

Usai meninjau pameran, Menag beserta rombongan meninjau lokasi lomba MTQN cabang Khatil Quran yang berada di Gedung Serbaguna. Menag mengamati peserta yang tampak serius mengerjakan seni menulis indah (Khat), baik dari golongan dekorasi & kontemporer putra/putri, maupun dari golongan naskah dan hiasan mushaf putra/putri.

Menag juga berkesempatan meninjau Media Center, tempat yang diperuntukkan bagi para wartawan untuk menulis berita yang difasilitasi dengan perangkat komputer lengkap dengan sambungan internet dan layar televisi yang menayangkan perlombaan-perlombaan yang tengah berlangsung secara live. Ruangan pengawas (control room) yang berada tidak jauh dari Media Center pun menjadi tempat yang ditinjau oleh Menag. Di ruangan ini terpasang 12 monitor untuk memantau perlombaan-perlombaan yang tengah berlangsung dengan menggunakan kamera di 12 titik lokasi lomba.

"Ini langkah yang dilakukan oleh panitia untuk memudahkan tugas teman-teman media untuk melakukan peliputan MTQ ini, mudah-mudahan dengan cara seperti ini, MTQ tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Menag.

  Sumber: www.kemenag.go.id Kontributor: Didah Redaktur/Editor: Nurul Badruttamam/Fajar Harnanto

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN