Sekretaris Itjen ajak Perkuat Kesadaran Pancasila

Sekretaris Itjen bersama Rektor UIN Antasari dalam Kongres VII BEM se-Kalimantan

Banjarmasin [ItjenNews] - Rabu sore (14/11) setelah memberi binaan di Kanwil Kalsel, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenag RI Muhammad Tambrin berpindah ke UIN Antasari Banjarmasin. Tambrin Hadir sebagai narasumber dalam Kongres ke-VII Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kalimantan dan Seminar Nasional.

Tambrin disambut langsung oleh Mujiburrahman selaku Rektor UIN Antasari dan jajarannya karena terhitung Tambrin adalah alumni UIN Antasari angkatan 1989.

Acara yang dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Kalimantan tersebut berlokasi di Auditorium Mastur Jahri. Dengan mengambil tema “Meneguhkan Asas Tunggal Pancasila Sebagai Dasar Negara ditengah Fenomena Politisasi Agama,” diharapkan mahasiswa mampu merumuskan dan membicarakan masalah seputar Kalimantan, agar peran mahasiswa di Kalimantan ada dan terlihat.

Bersama rektor, Bupati Tanah Bumbu, Kementerian ketenagakerjaan dan Bawaslu, Tambrin yang duduk sebagai narasumber dengan percaya diri menyampaikan bagaimana memperkuat kesadaran pancasila bagi mahasiswa.

Menurutnya “Pancasila adalah pengejawentahan dari rumusan nilai-nilai agama yang religius dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya. Tambrin juga menegaskan “nilai-nilai pancasila tidak ada yang bertentangan dengan agama karena tidak ada alas an untuk mempermasalahkan pancasila dengan agama" .

Di sela-sela penyampaian, Tambrin mengajak kepada seluruh peserta “Tanamkan Bahwa Saya Indonesia, Saya Pancasila” pungkasnya.

 

Kontributor: M. Ubaidillah

Redaktur: Nurul Badruttamam

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN