SPAK Kementerian Agama Tuai Banyak Apresiasi

Penyematan simbolis pin anti gratifikasi oleh Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan kepada agen SPAK Kementerian Agama (Foto: Doc Kemenag)

Depok, [ItjenNews] – Dalam rangkaian kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Program SPAK Itjen Kementerian Agama, Hadir Wakil Ketua KPK Ibu Basaria Panjaitan serta Wakil Pimpinan AIPJ2 Peter Riddel Care, Jumat (23/11).

Mewakili pimpinan AIPJ2, Peter Riddel Care mengapresiasi program SPAK sebagai aksi nyata Kemenag dalam pencegahan korupsi. “Kami mengapresiasi program SPAK menjadi salah satu 15 program pencegahan korupsi pada Kementerian Agama,” ucapnya. “Saya percaya gerakan ini akan semakin kuat dengan dukungan dan komitmen dari seluruh pimpinan dalam pencegahan korupsi,” tukas peter.

Dilanjutkan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, menurutnya program SPAK di Kementerian Agama mengalami signifikasi kader pencegahan korupsi. “Kalo saya datang ke daerah dan bertanya tentang ada tidaknya kader SPAK, disitu pasti ada Kader SPAK Kementerian Agama,” ucap Basaria. “Herannya kok kalah ya SPAK-nya KPK kalah dari Kementerian Agama,” lanjutnya yang disambut tawa dari peserta.

Ia juga menekankan substansial dari adanya SPAK yakni pencegahan korupsi. “Ibu-ibu sudah melakukan hal baik, jaga dulu diri sendiri, kita dulu, keluarga, jangan sampai mengingatkan orang lain tetapi kita lupa terhadap diri sendiri,” tegasnya.

Basaria berpesan agara agen SPAK yang sudah terbentuk memberikan kontribusi nyata. “Kita menginginkan ada satu perubahan sekalipun hal itu kecil tetapi memberikan perubahan,” ungkapnya. “Evaluasi yang pertama adalah membandingkan sebelum dan sesudah ada SPAK, ada perubahan tidak?, dan jika tidak ada perubahan berarti usaha kita belum maksimal,” tandasnya.

 

Kontributor: M. Ubaidillah

Redaktur/Editor: Nurul Badruttamam/Fajar Harnanto

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN