Pelantikan Pejabat Eselon III & IV, Plt. Irjen Ajak ASN Perangi Hoaks

Jakarta, [ItjenNews] - Sekretaris Jenderal sekaligus Plt. Inspektur Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan, resmi melantik delapan pejabat eselon III dan IV Itjen, Rabu (30/01) pagi ini. Bertempat di Kantor Kementerian Agama, Jl. Lapangan Banteng Barat, Pelantikan dihadiri seluruh pejabat dilingkungan Inspektorat Jenderal.

“Saya mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik hari ini. Saya berharap saudara dapat mengeluarkan seluruh keahlian dan kompetensi untuk dapat berkontribusi nyata bagi organisasi,” pesan Sekjen. 

"Saya teringat Ketika suatu hari membaca lisanul Mizan karya Ibnu Hajar Al asyqalani (kitab ilmu hadist)," ucap Plt. Irjen mengajak untuk beri'tibar. Kitab tersebut menceritakan tentang rawi yang dianggap bagus kualitasnya hingga yang paling jelek yang berimbas pada kualitas hadits.

"Pada hadist nomor 314 yang berbunyi, idha dzahara alfitanu wal bidha'u wasabbu ashabi fal yudhohhir al alimuna ilman famallam yaf'al dzalika fa alaihi laknatullahi wal madzalika," ucap Nur Kholis. "hadist tersebut menceritakan akan ada suatu kondisi dimana beredar di tengah masyarakat kebohongan-kebohongan luar biasa yang  mengadu-domba melalui media sosial yang menyebarkan berita berita bohong yang diproduksi secara terus-menerus seolah-olah itu adalah sebuah kebenaran padahal itu adalah kebohongan," sambung Plt. Irjen.

Nur Kholis menegaskan, "jika situasi sudah seperti ini kata Rasulullah tidak ada pilihan pilihan lain kecuali orang-orang yang memiliki kompetensi harus tampil ke muka," tegasnya. "Sehingga kita orang-orang yang memiliki pengetahuan kompetensi terus berbicara lugas keras dan tegas untuk memerangi berita-berita bohong," sambungnya.

Ia menjelaskan bahwa posisi ASN Kemenag sekarang tidak pada posisi ngalah, tidak boleh kemudian ASN Kemenag pada posisi ngalah, apa lagi ikut-ikutan terpengaruh dan percaya hoax yang disebarkan di media sosial. 

Closing stetement, Plt. Irjen mengajak kita untuk melawan hoaxs. "Mari bersama-sama kita melawan hoax, kita perangi hoax, kita perangi fitnah sehingga Kementerian Agama bisa mengawal moderasi beragama di Indonesia yang dasarnya tadi saya dapatkan Ketika saya membaca lisanul Mizan," tandasnya.

Berikut nama pejabat eselon III dan IV yang dilantik : 

1. Akhmad Hariyanto  sebagai Auditor Madya Inspektorat Wilayah II,

2. Sutikno sebagai Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum,

3. Nugraha Stiawan sebagai Kepala Bagian Pengelolaan Hasil Pengawasan Sistem Informasi dan Pengaduan Masyarakat, 

4. Hakim Jamil sebagai Kepala Subbagian Informasi Pengawasan dan Pengaduan Masyarakat, 

5. Muh. Mumtahin Balya Hulaimy sebagai Kepala Subbagian Pengelolaan Hasil Pengawasan Eksternal,

6. Wendi Wijarwadi sebagai Kepala Subbagian Kepegawaian,

7. Khalillurahman sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Inspektorat Wilayah II, 

8. Ade Irma Sholihah sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Inspektorat Wilayah IV.

 

Kontributor: M. Ubaidillah

Redaktur: Nurul Badruttamam