Itjen Turunkan Tim Verval Tukin Guru di Bangka Belitung

Tim Verval Itjen mengawal dicaikannya Tukin Guru

Pangkal Pinang, [ItjenNews] – Menjawab desakan segera dicairkannya tunjangan kinerja atau jamak disingkat tukin bagi guru madrasah, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama terjunkan 4 tim verifikasi dan validasi (verval) di mulai dari Provinsi Bangka Belitung (Babel). Sebanyak tiga tim yang disebar di beberapa kabupaten berupaya melakukan verval tunjangan kinerja guru madrasah yang berada di naungan Kementerian Agama agar segera dapat dicairkan.

Menurut salah satu pengendali teknis audit, Titik Orbawati, verval yang dilakukan ini semata membantu mendorong proses penghitungan untuk tukin yang akan dibayarkan. “Kami di sini sejatinya dalam upaya membantu para guru-guru agar tukin bisa segera cair, sesuai dengan apa yang ditugaskan kepada kami,” ujar Titik. “Kami menghitung selisih berapa tukin yang akan diterima dari mulai 2015 sampai 2018 setelah dikurangi dengan jumlah tunjangan profesi guru yang bersangkutan, sisanya berarti itu yang akan dibayarkan,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui Kementerian Agama terus memproses pembayaran selisih pembayaran tunjangan bagi guru dan dosen Pegawai Negeri Sipil. Pembayaran tunjangan kinerja ini didasarkan pada Perpres 154 tahun 2015 tentang Pembayaran Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama. Hal ini seperti diutarakan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Suyitno bahwa GTK sedang merampungkan juknis pembayaran tunjangan kinerja guru. Menurutnya rapat pembahasan awal tentang Tukin sudah digelar 5 Maret lalu antara Direktorat GTK bersama Direktorat Pendidikan dan Agama Bappenas serta Kasubdit Angaran DJA (dikutip dari www.kemenag.go.id.)

Diungkapkan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bangka, Taufik, Ia menyambut baik kedatangan tim verval dari Inspektorat Jenderal. “Saya senang kedatangan tim ke sini, sedianya bisa membantu kami agar proses pemberian tunjangan kinerja bagi guru-guru kami segera terlaksana,” tuturnya. Rencananya, tim Inspektorat akan melakukan verval di provinsi ataupun wilayah lainnya agar pembayaran tukin guru ini bisa dilakukan sesegera mungkin, mengingat statusnya sudah terhutang sejak tahun 2015.

 

Kontributor: Fajar Harnanto

Redaktur: Nurul Badruttamam

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN