Itjen Prioritaskan Pengawasan Program Pendidikan

Irjen M. Nur Kholis Setiawan saat berikan arahan pengawasan program pendidikan didamping Irwil IV Agus Salim

Jakarta [ItjenNews] - Mengingat pentingnya prioritas pengawasan program pendidikan pada proyek four in one dan six in one, Inspektorat Jenderal Kemenag persiapkan audit dengan tujuan tertentu dan probity audit dalam kegiatan Koordinasi Pengawasan Four In One dan Six In One. (16/5)

Menurut Inspektur Jenderal M. Nur Kholis Setiawan dengan "new paradigm" Itjen saat ini lebih mengedepankan peran konsultan atau pendampingan kepada auditi. "Auditor kami siap diajak berdialog kapanpun juga. Silahkan setiap aparatur kemenag melakukan konsultasi dengan kami. Baik itu konsultasi hukum, kepegawaian, keuangan bahkan yang sering dijumpai tentang BMN atau pengadaan barang dan jasa," ucapnya.

"Auditor sudah dibekali pelatihan dan selalu diupgrade pengetahuannya untuk selalu melakukan analisa dan memberikan peringatan dini (early warning system) terhadap potensi penyimpangan/kecurangan yang disebabkan kelemahan dalam sistem maupun sebagai akibat dari tindak pelanggaran individu", tambahnya. 

Nur Kholis juga menyatakan komitmen dalam pengawasan proyek four in one dan six in one. "Kegiatan koordinasi pengawasan ini penting agar terbangun pemahaman yang sama dengan auditi tentang langkah kerja Itjen dalam melakukan pengawasan proyek four in one dan six in one," tuturnya. 

Lebih lanjut, Nur Kholis menegaskan Kedepan itjen akan melaksanakan probity audit (current audit) dalam pengawasan proyek tersebut. Diharapkan Itjen dapat menjadi mitigator dan memberikan keyakinan melalui penilaian secara independen apakah proses, prosedur, dan sistem pada proyek sektor publik telah dilakukan dengan asas  integritas, kebenaran, dan kejujuran oleh para pihak yang terlibat. 

"Kegiatan ini diharapkan menggugah kesadaran untuk membangun pentingnya Peningkatan efektivitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah pada masing-masing satuan kerja," ajak Irjen sebagai closing statement.

 

Kontributor: Endang Kusnadi

Redaktur: Nurul Badruttamam

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN