Irjen Kemenag: “Beragama adalah Ber-Indonesia”

Irjen Kemenag Menjadi Narasumber Kulian Umum

Manado [ItjenNews] - M. Nur Kholis Setiawan selaku Inspektur Jenderal Kemenag RI hadiri undangan narasumber kuliah umum dari STAKN Manado. Acara dimulai dengan sambutan oleh ketua STAKN Manado, Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd., menghaturkan “selamat datang khususnya kepada narasumber Prof. Dr. Phil. H. M. Nur Kholis Setiawan, MA. yang baru pertamakali melakukan kunjungan di STAKN Manado” ucapnya, kamis (08/02).

Sesuai dengan tema bahasan yang diambil “Tata Kelola Keilmuan Pada Perguruan Tinggi Keagamaan di Indonesia,” Nur Kholis memaparkan banyak hal menarik. “meningkatkan kerukunan kehidupan umat beragama di Indonesia harus dipahami sebagai hal substantif di Institusi pendidikan Kementerian Agama,”  kata Nur Kholis.

Nur kholis mengutip ungkapan Menag, bahwa beragama sejatinya adalah berIndonesia dan berindonesia hakikatnya adalah mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan. Di samping itu, realitas kemajemukan ras, suku, kepercayaan dan budaya yang beragam, maka agama memiliki peran besar menjaganya. “Perguruan Tinggi Keagamaan mempunyai peran merawat kerukunan dalam menjawab tantangan zaman dengan penafsiran ulang terhadap dasar-dasar agama,” tambahnya.

Pemaparan akhir yang disampaikan Nur Kholis mengajak keseluruhan peserta adalah mewujudkan kehidupan beragama yang moderat, tidak ekstrim kiri atau ekstrim kanan. Nur Kholis juga menambahkan “kehidupan yang harus dikembangakan di Indonesia adalah berIndonesia dengan koridor Pancasila dan UUD 1945 dalam menjaga keutuhan NKRI, oleh karena itu dibutuhkan piranti utama yakni Lembaga Pendidikan tinggi agama,”  pungkasnya.

Hingga akhir kuliah, Auditorium STAKN Manado  masih dipadati oleh mahasiswa, dosen, bahkan pejabat yang antusias dari awal untuk mengikuti kuliah umum perdana semester genap tahun akademik 2017-2018. Antusiasme tersebut lahir bukan semata karena narasumbernya dari Irjen Kemenag melainkan ilmu dan pengalamannya, karena terhitung Nur Kholis pernah  menyelesaikan Studi di Leiden university dan Bonn university.  M. Nur Kholis Setiawan hadir didampingi kepala Kanwil Sulut dan Rektor IAIN Manado.

 

Sumber: Panitia Kuliah Umum STAKN Manado

Kontributor: M. Ubaidillah

Redaktur: Nurul Badruttamam

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN