Inspektorat Jenderal Adakan Pelatihan SAIBA Untuk Para Calon Auditor

suasana pelatihan

Jakarta, [ItjenNews]– Subbagian Kepegawaian Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia melaksanakan bimbingan teknis pelatihan Sistem Akuntansi Instansi Pemerintah Berbasis Akrual (SAIBA) untuk para calon Auditor.

Acara dilaksanakan di Operation Room Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI selama dua hari, tanggal 7-8 Februari 2018. Sebanyak 63 calon auditor dan 20 pengadministrasi umum mengikuti Pelatihan ini yang dibimbing langsung oleh Salah seorang widiaiswara Pusdiklat BPKP, Wawan.

Bimbingan teknis kali ini menekankan pada sistem akutansi pemerintah berbasis akrual bagi aparat pengawasan intern pemerintah. “Sudah menjadi kewajiban kami di Subbag Kepegawaian untuk meningkatkan kompetensi para calon auditor,”  ujar Iwan, salah seorang staf Subbagian Kepegawaian, sekaligus koordinator acara.

Iwan menjelaskan pentingnya meningkatkan pengetahuan auditor-auditor baru ini sebelum terjun ke lapangan nantinya untuk melaksanakan reviu, maupun audit terkait keuangan. "Menurut kami, sangat penting nantinya untuk membantu pendampingan kepada satuan kerja terkait dengan penyusunan laporan keuangan pemerintah berbasis akrual," sambung Iwan.

Seperti diketahui, Peraturan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Pemerintah (BPKP) Tentang Standar Kompetensi Auditor, Auditor wajib senantiasa meningkatkan kompetensi mereka melalui Pendidikan dan Pelatihan Profesional berkelanjutan (Continuing Professional Education) untuk menjamin kompetensi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan organisasi dan perkembangan lingkungan pengawasan.

 

Kontributor : Nurdiansyah

Editor           : Fajar Harnanto

Redaktur     : Nurul Badruttamam