Buka Rapat Kerja Kanwil DIY, Irjen Pesankan Tiga Hal

Membuka Rapat Kerja Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (2/27), Irjen Kemenag, M. Nur Kholis Setiawan berpesan tiga hal kepada seluruh jajaran yang hadir saat itu. Acara yang dihadiri oleh Kepala Kanwil DIY, Kabag Tata Usaha, Para Kepala Kantor Kementerian Agama Kota dan Kabupaten, beserta pejabat lainnya, menekankan pada tema besar, "Menjaga Integritas Menuju Layanan Berkualitas". 

Tema raker yang mengasimilasikan hubungan kausalitas ini diharapkan bisa menjadi penyulut semangat untuk meningkatkan hasil kerja terutama yang berimplikasi terhadap layanan kepada masyarakat. 

Menurut Irjen bahwasanya tema besar yang diusung sudah merupakan pengejawantahan amanah sebagai ASN. Menurutnya untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan tiga hal. Pertama adalah kuasai substansi. Menurutnya, apapun amanah yang kita emban maka esensi dari tugas tersebut harus dikuasai dengan baik. "Untuk para pemangku jabatan jangan hanya mengandalkan bawahan. Pimpinan bukan hanya menguasai teori kepemimpinan, tetapi harus bisa  mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari," imbaunya.

Kedua, menurut Nur Kholis, pahami betul regulasi dalam menjalankan program. "Mana yang mandatori, prioritas dan yang rutin serta sumber dananya wajib dikuasai," ujarnya. Selanjutnya ialah pahami legitimasi aturan, yakni mengetahui secara baik regulasi yang menjadi payung hukum masing-masing tugasnya. "Memahami ini bertujuan nantinya agar segala kekeliruan bisa diminimalisir,” pungkasnya.

 

Kontributor: Fajar Harnanto

Redaktur: Nurul Badruttamam