Buka Evaluasi SPAK, Sekjen M. Nur Kholis Setiawan: SPAK Jantung Perubahan

Arahan Sekretaris Jenderal M. Nur Kholis Setiawan (Foto: Ubay)

Jakarta, [ItjenNews] – Inspektorat Jenderal Kementerian Agama bersama KPK dan AIPJ2 (Australia Indonesia Partnership for Justice 2) adakan Evaluasi Pelaksanaan Program Pencegahan Korupsi Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK). Mengambil lokasi di Hotel Savero Depok, acara dimulai tepat pukul 13.00 WIB. Acara yang akan dihelat dalam tiga hari ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal yang sekaligus Plt. Inspektur Jenderal M. Nur Kholis Setiawan. Nampak juga di lokasi Dewan Pembina DWP Kemenag Trisna Willy, Rabu (21/11).

Saat mendampingi Sekjen, Ses Itjen Muhammad Tambrin menyampaikan harapan kepada  para istri pejabat yang hadir untuk bisa menjadi Srikandi dalam mengawal kemajuan Kementerian Agama. "Kegiatan ini mengevaluasi ToT yang sudah kita lakukan kemarin, apa kabarnya dan bagaimana kegiatannya?," lanjutnya.

Dalam Arahannya Sekjen sekaligus Plt. Irjen M. Nur Kholis Setiawan menyampaikan program-program pencegahan korupsi pada Kemenag. Menurutnya sebagai ASN Kemenag harus memegang teguh 5 Nilai budaya Kerja Kemenag. "5 nilai budaya kerja adalah nilai luhur yang digali dari kehidupan keseharian kita, tetapi mungkin belum tersistematis," ujarnya.

Sekjen Nur kholis mengingatkan dengan mengajak i'tibar dari syarah Bukhari dalam kitab Fathul Bari'Jilid II. "Jabatan adalah amanah, dan jabatan ini pada hari kiamat adalah sesuatu yang disesali (karena mau memikul jabatan tersebut), kecuali bagi mereka mereka yang mendapatkan dengan cara2 yang baik," ucapnya. "Jabatan diperoleh karena amanah, reputasi dan kepercayaan," sambung Sekjen.

Ia mengajak seluruh peserta kegiatan sekaligu ASN Kemenag untuk menolak segala bentuk gratifikasi. "kita sudah melangkah dan komitmen dari Itjen harus berani menolak segala gratifikasi yang sudah diatur dalam peraturan perundangan," tegasnya. Menurutnya SPAK menjadi langkah strategis dalam pencegahan korupsi berbasis keluarga.

Dilanjutnya, "Kegiatan ini sebagai evaluasi dari kegiatan ToT yang sudah diselenggarakan pada bulan maret 2018, semoga dari kegiatan ini kita bisa lebih baik di masa-masa sekarang dan yang akan datang," ujar Nur Kholis

Nur Kholis mengingatkan peran penting kader SPAK. "Substansi SPAK adalah menjadi jantung perubahan, ini bisa menjadi piranti yang strategis dan mendesiminasikan pencegahan korupsi," tegasnya. "Apa yang sudah kita lakukan pada bulan Maret kemarin, ini kemudian harus kita evaluasi bersama," tandas Sekjen.

 

Kontributor: M. Ubaidillah

Redaktur: Nurul Badruttamam/Fajar Harnanto

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN