Bintal di Sumbar, Irwil II Nur Arifin Tekankan Integritas ASN

Pembinaan Pegawai oleh Inspektur Wilayah II Nur arifin

Padang, [ItjenNews] - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat mendapat kunjungan Inspektur Wilayah II Nur Arifin, Kamis (29/11). Irwil II disambut Plh. Kakanwil Kemenag H. Kardinal, Plh. Kabag TU, seluruh Kabid dan Pembimas, Kasubbag dan Kasi serta bendahara di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar. Tampak juga hadir Kakan Kemenag Padang beserta pejabat dan bendahara di lingkungan Kemenag Kota Padang.

Kunjungan yang dilakukan Irwil II ini menyangkut pengawasan dan motivasi bagi seluruh ASN dalam melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang berlaku. Nur Arifin, menitik beratkan point integritas pada pembinaan kali ini karena Kementerian Agama mengarahkan evaluasi kinerja ASN berbasis integritas dan profesionalitas.

Menurut Arifin, integritas merupakan sesuatu yang mudah diucapkan namun kenyataannya sulit untuk dilaksanakan. "Integritas itu terlaksana ketika adanya kesesuaian antara yang difikirkan dengan yang diucapkan dan dilaksanakan," ucapnya. Sama halnya dengan kesesuaian antara peraturan dengan yang dilaksanakan.

“ASN ketika dilantik menjadi PNS disumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jadi, diharapkan ASN tidak menjadi umat yang masuk kepada golongan munafikun ketika melanggar sumpah/janji yang telah diucapkan, sekecil apapun itu. Seperti, aturan tentang jam dinas yang telah ditetapkan,” pesan Arifin.

Arifin menghimbau seluruh ASN agar memaksimalkan fungsi akal yang diberikan Allah SWT sehingga bisa memilih dan memilah apa yang harus dilakukan sesuai koridor yang berlaku, baik moral maupun profesionalitas. “Apakah kita ingin menjadi bagian dari masalah atau bagian dari solusi kehidupan, semua itu merupakan pilihan kita,” tambahnya.

“Konsistensi integritas diperlukan agar selalu berada dalam koridor yang ada. Hal ini dikarenakan posisi manusia sebagai makhluk yang berada diantara malaikat dan syetan. Sehingga butuh konsistensi agar selalu bisa berada/memposisikan diri lebih berat ke sisi malaikat yang notabenenya dikenal sebagai makhluk yang taat aturan,” tegasnya.

Setelah memberikan motivasi dan penguatan, Inspektur Nur Arifin membuka kesempatan konsultasi kepada seluruh ASN yang hadir yang disambut antusias oleh seluruh hadirin. Pertanyaan demi pertanyaanpun dilontarkan dari berbagai pihak dalam rangka konsultasi tersebut.

Sebelum sesi foto bersama, Ia mengingatkan kembali kepada ASN untuk menyurati seluruh keluhan yang didiskusikan tadi sehingga bisa mendapatkan respon tertulis.

 

Sumber: Inmas Kanwil Sumbar

Kontributor: Voni

Redaktur/Editor: Nurul Badruttamam/Fajar Harnanto

PERKIN TAHUN 2018

RENSTRA ITJEN