Bicara Terkait Penguatan Pengendalian Internal, Sekretaris Itjen Tekankan Komitmen Pimpinan

Sekretaris Itjen Muhammad Tambrin Berikan Pengarahan Kepada Jajaran Pejabat Kanwil Kemenag Kalsel

Banjarmasin [ItjenNews] - Sekretaris Inspektorat Jenderal, Muhammad Tambrin hadiri undangan dari Kanwil Kalimantan Selatan dalam rangka memberikan Pembinaan Pengawasan Pelaksanaan Perencanaan Program Anggaran, Rabu (07/02). Tambrin menekankan kepada Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Kantor Kementerian Agama se-Kalimantan Selatan (Kalsel) agar memperkuat pegendalian internal.

Menurut Tambrin pengendalian internal menjadi faktor penting dalam menentukan kesuksesan seorang pemimpin dalam memimpin, mengawasi, membina dan mengevaluasi bawahan yang dipimpinannya. “Pemimpin harus peka terhadap gesekan yang terjadi di instansi yang bisa menyebabkan kondisi kantor menjadi tidak sehat,”  ujarnya

Ia mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Kalsel berpedoman pada aturan yang berlaku dan menginternalisasikan 5 budaya kerja Kemenag, serta menolak segala sesuatu yang berkaitan dengan pungli maupun gratifikasi. "Komitmen Pemimpin dalam lingkungan Kemenag menjadi hal pokok demi menjaga marwah Kemenag"  tambahnya.

Lebih lanjut, Tambrin menjelaskan bahwa pemimpin harus mampu mengendalikan serta menyelesaikan permasalahan diinternal agar tidak menjadi konsumsi publik. “Kawal, koordinasikan dan singkronkan sehingga permasalahan bisa selesai,” tegasnya. 

Menanggapi arahan Tambrin, Kakanwil Kemenag Kalsel H. Noor Fahmi nyatakan siap mendukung setiap kebijakan yang ditetapkan pusat. “Kami akan selalu berpegang teguh pada aturan yang sudah digariskan dalam bekerja,”  tukasnya.

 

Sumber: Inmas Kanwil Kalsel

Kontributor: M. Ubaidillah 

Redaktur: Nurul Badruttamam