Walikota dukung Isbat Nikah Terpadu Kemenag Kota Kendari

Kendari [ItjenNews] - Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Pengadilan Agama dan Pemkot Kendari pada tanggal 4 November 2014 melakukan sidang isbat terpadu terhadap 101 Pasangan suami istri (Pasutri) yang telah memenuhi dan lolos verifikasi berkas administrasi.

Kegiatan dibuka langsung oleh Walikota Kendari H. Asrun, dihadiri oleh Kepala Pengadilan Agama Kendari Muh. Husain Shaleh, Kepala Kemenag Kota Kendari Samsuri, Kadis Dukcapil Kendari, Camat Poasia, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA se-Kota Kendari dan undangan lainnya.

Walikota Kendari H. Asrun,  dalam sambutannya mengatakan, bahwa harus ada kepastian hukum bagi setiap warga negara yang sudah menikah, karena adminitrasi pernikahan adalah bukti yang sah yang telah diatur oleh pemerintah dibuktikan buku nikah, akte kelahiran, dan administrasi kependudukan lainnya.

H. Asrun mendukung sepenuhnya program yang digagas oleh Kepala Kemenag Kota Kendari Samsuri yang memfasilitasi penyelenggaraan Sidang Isbat Terpadu. H. Asrun berjanji akan menganggarkan pada APBD 2017 biaya pelaksanaan Sidang Isbath Terpadu, untuk sementara biaya sidang isbat masih dibebankan kepada masyarakat yang disetor langsung ke Bank melalui setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Dukungan yang besar Walikota Kendari H. Asrun kepada Kemenag Kota Kendari sejak Zainal Mustamin dan berlanjut pada Samsuri  yaitu Hibah Tanah untuk Pendirian MAN IC Kendari seluas 5 Ha yang akan diperluas sampai 10 Ha, Bantuan Operasional Mobil Dinas yang sekarang dipakai  untuk operasional MAN IC, Bantuan biaya transportasi & akomodasi bagi Jamaah Haji selama di Embarkasi Makassar, rencana Hibah Tanah bagi Pembangunan Embarkasi Haji/Tower Haji seluas 5 Ha serta untuk Tahun 2017 biaya sidang isbat nikah.

Sementara itu Kepala Pengadilan Agama Kendari Muh. Husain Shaleh mengatakan   pada kegiatan ini, selain pengesahan dan penerbitan buku nikah, juga bisa langsung menerbitkan akte kelahiran anaknya di tempat, oleh catatan sipil. Nah, layanan ini kami sebut one day one service,ā€¯katanya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Samsuri, mengatakan bahwa kegiatan serupa akan dilaksanakan di Kecamatan Puuwatu, 18 November dengan 124 pasutri yang berasal dari 4 Kecamatan yaitu Puuwatu (20 pasutri), Wua-Wua (14 pasutri), Mandonga (34 pasutri), serta Kadia (26 pasutri). Kemudian tanggal 25 November 2016 akan dilaksanakan di Kecamatan Abeli dengan 38 pasutri.

 

Kontributor: Budi Permana

 

Redaktur: Fajar Harnanto


Fajar Harnanto | 2016-11-16 16:10:42 | Fajar Harnanto | 2016-11-16 16:12:05
Sirandang