Tim Verval TPG dari Itjen Siap Diterjunkan



Jakarta [ItjenNews] - Permasalahan terkait TPG, memang sudah menjadi isu nasional. Anggota Dewan yang Terhormat pun sudah memanggil instansi terkait, salah satunya Kementerian Agama untuk melakukan klarifikasi sekaligus memberikan langkah solutif guna menyelesaikan permasalahan ini.

Angka tunggakan pembayaran tunjangan profesi guru yang berada di bawah Kemenag mencapai  1,2 Triliun lebih. Namun hal ini bukan tanpa sebab jelas. Banyak ditemukan kendala-kendala di lapangan, hingga menyulitkan prosesi penyelesaian pembayaran.

Dikatakan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI), Imam Syafe’i saat menghadiri koordinasi di Inspektorat Jenderal Kemenag dalam rangka pembekalan tim verifikasi dan validasi (verval) tunggakan TPG (9/3/2017), bahwa ada beberapa kendala terutama di daerah yang menghambat proses pencairan. Salah satu di antaranya adalah status guru, dan kendala prosedural yang bersumber dari sistem internal.

Di provinsi-provinsi ditemukan kasus salah satunya, guru-guru itu banyak diangkat ketika menjelang Pilkada. Di angkat di madrasah kita, ikut sertifikasinya di madrasah, kemudian ganti priode (pemimpin), guru tersebut dipindahkan ke sekolah umum, berarti sertifikasinya sudah tidak berlaku lagi,” Jelas Imam.

Dikatakan lagi oleh direktur PAI bahwa kendala juga terdapat dalam pelaksanaan PLPG yang selalu di akhir tahun. Imam menuturkan bahwa hal ini disebabkan oleh masalah perizinan pelaksanaan PLPG yang harus disetujui oleh Kemenristek. Di Kemenristek ini pun agak lambat prosesnya. “Lambatnya proses ini (di Kemenristek) disebabkan karena masih proses transisi pejabat strukturalnya. Kalau di Diknas selesai PLPG langsung mendapatkan sertifikasinya, kalau di kita tidak,” ujarnya menjelaskan.  

Terakhir, Imam berharap agar tim verval nantinya bisa membantu menuntaskan permasalahan tunggakan pambayaran TPG ini agar lebih cepat. Hal-hal yang perlu "menjadi perhatian lebih" menurut Imam ialah, keaslian dari dokumen persyaratan dan tanggal ditetapkannya dokumen tersebut. “Saya Berharap Tim dari Itjen Agar Bekerja Sesuai Aturan, namun Juga Punya Keinginan untuk Membantu (para guru),” harapnya. Tim verval Itjen rencananya akan diterjunkan mulai pekan depan, pertim masing-masing memiliki 10 hari tertera dalam surat tugas.  



Kontributor: Fajar Harnanto

 

Redaktur: Nurul Badruttamam


Fajar Harnanto | 2017-03-09 15:05:37 | Fajar Harnanto | 2017-03-15 09:45:35
Sirandang