Terus Naik, Serapan Itjen Capai 91,25 Persen

Jakarta [ItjenNews] - Kabar menggembirakan datang dari Evaluasi Realisasi Kinerja Triwulan IV Inspektorat Jenderal Kementerian Agama yang kembali dilangsungkan. Sebab, serapan anggaran sudah mencapai angka 91,25% per 16 Desember 2016.
 

Subbagian Evaluasi dan Pelaporan menjadi leading sector yang mengorganisasi kegiatan ini. Acara dilangsungkan mulai tanggal 16-18 Desember di Hotel Grand Pesona, Bogor ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana serapan anggaran, serta capaian kinerja yang bisa dipantau melalui keterlaksanaan kegiatan, disertai paparan outputnya.

Selain itu, laporan masing-masing Subbagian dalam rangka pertanggungjawaban juga dipaparkan dalam sesi kegiatan yang  berlangsung. Hasilnya, rata-rata subbagian hampir menyelesaiakan keseluruhan laporannya. Keterselesaian laporan sudah mencapai 85 persen, lainnya hanya tinggal menunggu verifikasi sebelum dinyatakan selesai.

Hal ini tentunya baik sebagai contoh dari Inspektorat. Sebab, selain serapan tinggi, tertib administrasi juga telah dilakukan, yakni dalam bentuk pelaporan pertanggungjawaban. Sudah seyogyanya Itjen menjadi cermin akuntabilitas di Kementerian Agama. Harapannya dapat menginspirasi dan menjadi sarana percontohan bagi unit-unit lain (baik dari segi laporan dan perencanaan anggaran), agar kredibilitas pertanggungjawaban anggaran yang diamanahkan kepada Kemenag semakin bisa semakin diperlihatkan ke khalayak. 


Kontributor: Fajar Harnanto


Redaktur: Nurul Badruttamam


Fajar Harnanto | 2016-12-19 10:40:42 | Fajar Harnanto | 2016-12-19 13:30:27
Sirandang