Seleksi Petugas Arab Saudi di Itjen: Jaring Petugas Cakap Keilmuan dan Layanan




Jakarta [ItjenNews] -  Seiring tuntutan Jamaah agar Kementerian Agama dapat memberikan pelayanan Ibadah Haji lebih optimal, Inspektorat Jenderal mengadakan Seleksi Secara terbuka calon petugas haji tahun 2017 pada Senin (13/2/2017).

Diikuti sebanyak 187 Peserta, tergabung dari JFU sekretariat, dan Auditor, seleksi ini pun diikuti oleh beberapa pejabat Eselon IV yang ada di Itjen. Kegiatan Seleksi ini bertujuan memilih petugas haji yang nantinya akan dibagi kedalam beberapa kategori yaitu, Tim Petugas Haji Nonkloter, Tim KUHI, Pemantau Operasional, dan Pengawas Perumahan.

Dibuka langsung oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Hilmi Muhammadiyah didampingi Kasubbag Kepegawaian. Kemudian, tes tertulis dilakukan berjalan relatif tertib dan lancar.

Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap yaitu tes tertulis dan tes wawancara. Selanjutnya tes wawancara akan dilakukan pada Ruang Pejabat Eselon II untuk menggali lebih dalam potensi dari para peserta ujian seleksi. Sesi wawancara dilakukan langsung dengan mendatangkan para ulama yang berkompeten untuk mengetahui sejauh mana kemampuan penguasaan materi "kehajian" dimiliki oleh para calon petugas haji tahun ini.

Sementara itu untuk mengetahui sejauh mana kecakapan peserta dari segi pelayanan, Inspektur Wilayah IV, Agus Salim bertindak sebagai assessor. Beliau kerap mempertanyakan bagaimana tindak praktis di lapangan, jika peserta yang bersangkutan nantinya terpilih. "Kita ini kan sebagai petugas, yang harus di kedepankan adalah layanan kita kepada jamaah," ujarnya dalam sesi wawancara.

Seleksi petugas Haji tahun ini diharapkan dapat menjaring para petugas haji yang profesional dan lebih mengutamakan pelaksanaan tugas pembinaan, pelayanan dan perlindungan jamaah saat bertugas.


Kontributor: Bowo

Redaktur: Nurul Badruttamam

Fajar Harnanto | 2017-02-13 13:58:16 | Fajar Harnanto | 2017-02-13 14:08:11
Sirandang