Resmi, Lima Pejabat Struktural Eselon IV Itjen Dilantik




Jakarta [ItjenNews] – Terjawab sudah siapa-siapa yang berhak menduduki Jabatan Pengawas/Kepala Subbagian di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. Kamis (30/3/2017). Acara pelantikan menandai berakhirnya kekosongan lima posisi jabatan struktural setara Eselon IV Itjen.

Berikut adalah lima orang yang dilantik pada hari ini:

1.       Muhammad Hafidz Lidinillah Sebagai Kasubbag Pengelolaan Hasil Pengawasan Internal;

2.       Moh. Asnawi sebagai Kasubbag Tata Usaha dan Hubungan Masyarakat;

3.       Muhibuddin sebagai Kasubbag TU Inspektorat Investigasi;

4.       Abdul Aziz Noor sebagai Kasubbag TU Inspektorat Wilayah I;

5.       Siti Mudayaroh sebagai Kasubbag TU Inspektorat Wilayah IV.

 

Proses ini bukanlah suatu yang instan. Namun, telah melalui tahapan panjang. Mulai dari masa pendaftaran, seleksi pemberkasan, asesmen, dan terakhir diputuskan melalui sidang Baperjakat.

Pelantikan dimulai tepat pukul 13.30 WIB  di Ruang OR lantai II Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya menandai dimulainya acara. Dilanjutkan dengan pemberian sekapur sirih oleh dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam.

Selain bertugas melantik, Nur Syam menyampaikan dalam sambutannya bahwa ketika menjalankan tugas sebagai ASN, tak hanya jadi ritual semata. Namun, harus dilandasi dengan “tiga pasti”.

Pertama, pastikan kinerja kita sebagai ASN harus terus meningkat dan membaik. Hal ini menurut Nur Syam erat kaitannya dengan fungsi Itjen sebagai “pengarah jalan” menuju ke arah perbaikan kinerja. “Jika kinerja kita membaik, maka akan dibuktikan dengan perbaikan LAKIP kita ke depan, dari “B kurus” ke “B Gemuk,” tuturnya.

Pasti kedua adalah, pastikan tingkat pemenuhan kepatuhan (compliance) semakin baik. Menurut Plt. Irjen ini, tingkat compliance akan tercapai apabila regulasi bisa dipahami dan di jalankan.

Terakhir adalah, pastikan dalam menjalankan proses bisnis harus prosedural dan diiringi dengan inovasi. “Saya pikir rekan-rekan di Inspektorat ini amat potensial untuk menciptakan pemikiran yang out of the box dalam hal peningkatan mutu kinerja,” jelas Sekjen.

Ritual selanjutnya adalah penandatanganan pakta integritas. Menandai bahwa pejabat yang baru dilantik senantiasa sedia menjaga komitmen untuk berintegritas. Acara disusul dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan, dan membaca ikrar jabatan.

Terlihat pula di dalam acara para Pejabat Eselon II, III, dan IV guna menjadi saksi prosesi pelantikan.

 


Kontributor: Fajar Harnanto

 

Redaktur: Nurul Badruttamam



Fajar Harnanto | 2017-03-30 15:39:46 | Fajar Harnanto | 2017-03-30 16:00:09
Sirandang