Resmi, Kemenag Miliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)



Akhirnya! Pelayanan satu pintu Kemenag resmi diluncurkan Rabu (25/01/2017). PTSP merupakan upaya transformasi pelayanan publik guna mewujudkan Kementerian Agama  sebagai instansi yang bersih melayani. "Hal ini sejalan dengan arahan Presiden terkait reformasi birokrasi melalui program Satgas Saber Pungli,” kata Menag dalam sambutannya di acara peresmian PTSP yang berlokasi tepat di samping Gedung UPL, Kantor Pusat Kemenag Jl. Lapangan Banteng-Jakpus.  

Keberadaan PTSP, lanjut Menag, akan membawa angin segar bagi standar kerja dan kinerja di internal Kementerian Agama.  Sistem kerja akan menjadi lebih rapi, produktifitasnya terukur, dan semua aktivitas proses layanan juga tercatat. Pengelolaan data secara digitalisasi diharapkan akan mempermudah proses pemverifikasian, pengolahan, peruntukan, dan meminimalisasi risiko prihal dokumen-dokumen perizinan.

PTSP disiapkan sebagai ruang publik yang akan mengurus beragam pengajuan perizinan, informasi seputar bantuan dan beasiswa, termasuk juga layanan aduan masyarakat. Pemberian layanan didasarkan pada standar operasional prosedur (sop) serta jangka waktu pelayanan yang jelas. Pengelolaannya juga akan mengacu pada standar mutu pelayanan prima.

Namun demikian, PTSP Kemenag ini aktif secara bertahap. Pada awal 2017, layanan yang tersedia antara lain pengurusan izin pembukaan program studi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), penyetaraan  ijazah luar negeri, perizinan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), pendirian Ma’had ‘Aly pada pondok pesantren, serta pengaduan umum. Selain masyarakat umum, PTSP juga memberikan layanan pengajuan surat tugas dan surat izin belajar bagi pegawai Kemenag.

Kami menawarkan sesuatu yang berbeda di banding sebelumnya. Sekarang, insya Allah proses pengurusan perizinan di Kemenag tidak lagi ribet dan serba tak jelas. Kita upayakan semua proses menjadi lebih simpel, transparan, dan akuntabel,” Pungkas Menag.


Editor: Fajar Harnanto

Redaktur: Nurul Badruttamam

Fajar Harnanto | 2017-01-25 14:49:52 | Fajar Harnanto | 2017-01-25 15:06:52
Sirandang