Rencana Kinerja Itjen 2018, Targetkan Peningkatan Tindak Lanjut Hasil Temuan dan Kualitas SDM


Dok: ItjenNews


Depok [ItjenNews] - Bertempat di bilangan Kota Depok, Jawa Barat, Kegiatan Penyusunan Rencana Kinerja Itjen Tahun 2018 diadakan (12/8/2017). Mengusung misi perbaikan di segala aspek kinerja, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Inspektur Jenderal, Nur Kholis Setiawan.

 

 Hal utama yang disoroti Irjen adalah prosentase penyelesaian tindak lanjut temuan Itjen yang masih bisa dikatakan minim.oleh sebab itu, Irjen menyasar peningktan terkait hal tersebut di 2018. “Mari kita bersama evaluasi, apakah kita sebagai APIP sudah banyak melakukan teguran atau belum kepada auditi terkait tindak lanjut hasil temuan?” tutur Irjen.

 “Temuan kita saat pelaksanaan penyelenggaraan haji Tahun 2016 lalu banyak yang belum ditindaklanjuti oleh auditi, hal ini seolah diabaikan. Oleh sebab itu, butuh manajemen yang baik agar hal tersebut bisa ditindaklanjuti,” tandasnya.

 

 “Prinsip kita adalah ketegasan, jangan mentolerir pelanggaran-pelanggaran, kita harus bisa menjadi "polisi" yang mampu melakukan tindakan preventif,” tegas Irjen di muka forum.

 

  Terkait pelaksanaan audit, Irjen juga menaruh perhatian prihal banyak satker yang belum mencapai angka 75 (skor audit kinerja). Nur Kholis menduga bahwasannya metodologi audit yang diterapkan oleh Itjen belum tersosialisasi dengan baik kepada auditi. Untuk itu, Nur Kholis menargetkan perbaikan manajemen program audit, dengan terlebih dahulu melakukan evaluasi internal dan ditindaklanjuti dengan sosialisasi.

 

 Guna menunjang proses audit yang lebih mumpuni dan bernilai perbaikan, tak lepas dari SDM-nya (auditor). Irjen berharap di Tahun 2018 nanti IACM (Internal Audit Capability Model) Itjen Kemenag bisa bertambah levelnya. Sebagai mana diketahui level IACM Itjen masih terkategori level 2. Sedangkan target dari Presiden pada tahun 2019 kita harus sampai pada tingkatan level 4.

  

Diharapkan Itjen (level IACM) ke depan bisa terus meningkat apalagi setelah ini ada tambahan 63 auditor baru,” ujarnya.

 

 

 

 

   

Kontributor: Agung P.U.

 

 Redaktur: Asnawi


Fajar Harnanto | 2017-08-14 09:29:25 | Fajar Harnanto | 2017-08-14 09:31:24
Sirandang