Penyusunan LKj Kemenag, Sekjen: "Jangan Hanya Fokus pada Masalah, Utamakan Memberikan Solusi"



Jakarta [ItjenNews] - Acara penyusunan Laporan Kinerja (LKj) Kemenag sudah memasuki tahapan akhir. Penyusunan laporan ini dilakukan oleh seluruh utusan dari masing-masing unit eselon I pusat. Dihadiri oleh Sekjen, Nur Syam (17/2/2017) di Hotel Sofyan bilangan Menteng Jakarta Pusat, kegiatan Penyusunan LKj Tingkat kementerian ini diharapkan rampung sebelum batas waktu yang ditentukan Menpan.

Sekjen dalam arahannya menekankan bahwa laporan ini, harus banyak berbicra outcome atau dirasakan oleh rakyat. Menurut beliau, hal ini penting sebab apabila dalam laporan kinerja sudah diperoleh outcome maka dapat diartikan, program-program Kemenag sudah menyentuh semua aspek masyarakat. “Program kita harus bercorak masif untuk semua kalangan tidak hanya untuk golongan tertentu saja, program kita harus mencapai itu,” tekan beliau.

Sementara itu, PLT Irjen ini pun menegaskan bahwa dalam LKj kita Hambatan tantangan jangan hanya fokus pada masalah dan hambatan, melainkan harus berisi solusi. Solusi tersebut harus terumuskan dalam laporan. “Guna menyelesaikan hambatan tersebut (harus ada di laporan). Sajikan jalan keluar atau solusinya,” lanjut beliau.

Terkait penyajian solusi, Nur Syam mengatakan pada setiap kita terutama ASN Kemenag harus dapat menjalanjakan fungsi sebagai “agen”. Kemampuan “agensi” ini terkait hal mengambil alternatif dari problematika. Untuk dalam setiap program yang akan dijalankan seluruh pegawai Kemenag harus memperhatikan tiga aspek yakni, adaptasi, kolaborasi (bekerja sama), dan empati (menempatkan diri kita pada tempat orang lain). Menurutnya hal ini penting agar program-program Kemenag bisa berjalan lancar dan baik guna meningkatkan kinerja dan imej kemenag.

 

 

Kontributor: Fajar Harnanto

 

Redaktur: Nurul Badruttamam

 

 


Fajar Harnanto | 2017-02-17 10:26:54 | Fajar Harnanto | 2017-02-17 10:26:54
Sirandang