Pemutakhiran TLHP Itjen di Yogyakarta, Irjen: "Fungsi Pengawasan Harus Tetap Memberikan Kenyamanan"


Dok: ItjenNews

Yogyakarta [ItjenNews] - Kegiatan Pemutakhiran Data Temuan Hasil Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Tahun 2017, yang diselenggarakan tanggal 4 s.d 6 Oktober 2017, bertempat di Hotel Jayakarta Yogyakarta. Inspektur Jenderal, Nur Kholis Setiawan berkesempatan menutup kegiatan sekaligus menyampaikan arah dan kebijakan Inspektorat Jenderal Tahun 2017.

 

Inspektorat Jenderal Kementerian Agama mempunyai kewajiban untuk melakukan pengawasan intern terhadap seluruh program dan kegiatan Kementerian Agama. Pengawasan tersebut dilakukan melalui kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya.

 

Itjen dalam menjalankan fungsi pengawasan saat ini mencoba bergerak ke hulu, maksudnya melihat akar dari suatu permasalahan Sesuai dengan yang disampaikan Menteri, bahwa Itjen sebagai APIP akan lebih berorientasi sebagai pendamping.

 

 “Terkadang kita mengasumsikan kata pengawasan itu sesuatu hal yang dipersepsikan tidak nyaman, paradigma ini yang harus diubah, bagaimana itjen menjalankan fungsi pengawasan tetap memberikan kenyamanan,” jelas Irjen. Lebih lanjut, Irjen menegaskan bahwasannya pengawasan bukan sesuatu hal yang perlu ditakutkan, tapi justru harus disyukuri sebagai hal untuk mengingatkan agar kita menjalankan tugas dan fungsi senantiasa dalam jalur yang benar.

 

Inspektur Jenderal juga mengutarakan bahawa kembali kepada fungsi Inspektorat Jenderal yang berbasis nilai-nilai keagamaan, persepsi menjalankan ibadah dalam bertugas, maka akan menghindarkan kita dari segala bentuk kekecewaan pribadi. “Ini lah sebenarnya prinsip ikhlas beramal itu, yang tentunya akan menimbulkan hubungan yang baik antara Itjen dan Satker,” ujarnya.

 

Saat ini Itjen mengupayakan revitalisasi SOP, untuk hal tersebut Itjen membuat feeding dari para stakeholder, semisal perguruan tinggi, untuk mendapat masukan-masukan yang diperlukan untuk merumuskan regulasi yang lebih baik.

 

Kegiatan pemutakhiran data ini sendiri merupakan yang ke 3 kalinya dilaksanakan Inspektorat Jenderal di tahun 2017, setelah sebelumnya dilaksanakan di Kota Padang dan Kota Pontianak. Pemutakhiran diikuti sebanyak 13 Satuan Kerja/Kantor Wilayah Kementerian Agama

 

 

Kontributor: Nova, Sandy

 

Redaktur: Moh. Asnawi


Fajar Harnanto | 2017-10-07 06:31:38 | Fajar Harnanto | 2017-10-07 06:32:41
Sirandang