Nur Syam: "Lokwas ini Harus Mampu Melahirkan Konsep dan Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pengawasan"

Bogor [ItjenNews] - Sesuai dengan tema Lokwas kali ini, yaitu Peningkatan Kualitas Pengawasan Tahun 2017, Lokakarya Pengawasan Itjen dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 20 Januari 2017 di Hotel Padjadjaran Suites Hotel. Dibuka oleh Plt Irjen, Nur Syam harapannya adanya Inspektorat Jenderal dan Kementerian Agama terus bertransformasi ke arah yang lebih baik dan positif.

Inspektorat Jenderal sebagai penanggung jawab pengawasan di lingkungan Kementerian Agama mendapatkan peran sekaligus tantangan untuk memaksimalkan ketiga fungsi pengawasan, yakni sebagai watchdog, konsultan, dan katalis. Peran Inspektorat Jenderal sebagai watchdog adalah peran utama yang harus melekat dalam rangka pencegahan dan penanganan atas penyimpangan yang terjadi. Nur Syam berkata, “pencegahan harus menjadi arus utama dalam kinerja pengawasan.” “Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Agama yang berulang kali beliau sampaikan dalam berbagai kesempatan.” Lanjut beliau.

Saat ini paradigma pengawasan dalam birokrasi sudah semakin berkembang ke arah yang lebih luas. Pengawasan tidak hanya berfungsi mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Lebih dari itu, pengawasan mulai menitikberatkan pada fungsi konsultasi dan katalis dalam penerapan kebijakan.

Nur Syam menyebutkan bahwa peningkatan kualitas pengawasan akan berimplikasi pada meningkatnya kualitas aparatur negara. Acara lokakarya ini diharapkan mampu melahirkan konsep dan kebijakan untuk peningkatan kualitas pengawasan.” Ujar beliau menggaris bawahi.


Kontributor: Maulana


Redaktur: Nurul Badruttamam


Fajar Harnanto | 2017-01-18 17:23:12 | Fajar Harnanto | 2017-01-18 17:37:59
Sirandang