Menag: Kita harus Jadi Duta Penebar Kedamaian


Dok: [ItjenNews]

Jakarta [ItjenNews] - Dibuka dengan senam pagi, seperti kegiatan hari amal bakti (HAB) tahun-tahun sebelumnya, Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin membuka secara resmi rangkaian perhelatan peringatan hari jadi Kemenag ke-72 (Jumat, 29/12). Mengusung jargon “tebarkan kedamaian”. Menag mengajak seluruh keluarga besar Kementerian Agama untuk proaktif dalam upaya menebarkan kedamaian. Ajakan ini tercermin dari pilihan tema tersebut.

Usai beristirahat selepas senam bersama, Menag yang masih terlihat berpeluh disilakan untuk menyampaikan pidatonya membuka seremonial HAB ke-72 Kemenag.

“Usia ke-72 (Kemenag) bisa dikatakan tidak muda lagi atau cukup matang untuk ukuran usia manusia, mari bersama kita jaga, kita rawat warisan yang luar biasa baiknya oleh para pendahulu kita, sehingga saat kita harus menyerahkan ke generasi selanjutnya, dalam kondisi yang lebih baik,” ujar Menag berpesan di awal pembukaan.

Menurut Menag, ajaran kedamaian adalah nilai inti nan universal dari semua agama.  Ia pun menerangkan bahwasanya tagline tebarkan kedamaian di HAB kali ini, haruslah dipahami bahwa semua ASN kemenag haruslah menjadi duta-duta kedamaian. “Damai adalah pesan semua agama. Hakikat agama adalah mewujudkan kedamaian. Kedamaiana harus kita tebarkan, di keluarga, di lingkungan, di tempat bekerja, kita (ASN Kemenag) harus jadi duta kedamaian,” sambungnya menekankan, disambut riuh tepuk tangan audien.

Lukman pun menitipkan bahwasannya menjaga kedamaian menjadi penting di Tahun 2018. Menurutnya, di tahun itu diklasifikasi sebagai tahun politis yang rentan gesekan dan dapat mengikis perdamaian. “Cintailah kementerian agama, Tahun depan adalah tahun politis. Ekskalasi politik akan meningkat. Tugas kita sebagai duta kedamaian, akan menjadi urgensi yang penting. Semoga keberadaan kita (ASN Kemenag) semakin dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat Indonesia,” harap Lukman.

Acara pembukaan dipuncaki dengan doa, pelepasan balon gas, dan 72 kawanan burung merpati ke udara. Inspektur Jenderal, M. Nur Kholis Setiawan dan beberapa pejabat lainya terlihat mendampingi Menag.

 

 

Kontributor: Fajar Harnanto

 

Redaktur: Moh. Asnawi 

Fajar Harnanto | 2017-12-29 11:23:15 | Fajar Harnanto | 2017-12-29 11:34:27
Sirandang