KH Hasyim Muzadi Tutup Usia






Jakarta [ItjenNews] - KH Ahmad Hasyim Muzadi wafat di usia 72 tahun, Kamis pukul 06.15 WIB. Putra Hasyim, Yusron Shidqi memberitakan bahwa jenazah mantan Ketua PBNU tersebut akan diberangkatkan dari Malang Jawa Timur ke pesantren Al-Hikam Depok. Almarhum akan disalatkan di sana. Ulama besar yang lahir di Tuban 8 Agustus 1944, menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) sejak 19 Januari 2015.


Tak luput Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin turut menyampaiakan bela sungkawa terdalam. Salah satunya melalui cuitan twitternya. "Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-faatihah," tulis Lukman. Ucapan duka cita juga disampaikan Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus.

Haysim sempat menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur. Anggota Wantimpres itu kemudian memilih masa pemulihan di kediamannya. 

Menag menilai Hasyim Muzadi adalah figur yang memberikan sumbangsih dalam menjaga kerukunan umat beragama."Kita kehilangan tokoh sekaligus ulama yang selama ini memberikan sumbangsih besar dalam merawat kerukunan hidup umat beragama di Indonesia," ujarnya.


Kontributor: Fajar Harnanto

Redaktur: Nurul Badruttamam

Fajar Harnanto | 2017-03-16 09:39:13 | Fajar Harnanto | 2017-03-16 15:12:42
Sirandang