Kantongi Nilai RB 69,14 dari Kemenpan, Menag: "Kita Ibarat Kapal Tanker"



Jakarta [ItjenNews] - Rapat koordinasi Reformasi Birokrasi (rakor RB) tahun ini resmi dibuka, Selasa (11/04/2017) di Hotel Sultan, bilangan Jakarta Selatan. Berbeda dengan dengan tahun-tahun sebelumnya, yang hanya melibatkan unit eselon I Pusat saja, rakor RB kali ini melibatkan seluruh pejabat eselon II, Kepala kantor wilayah Kemenag provinsi seluruh Indonesia, dan pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Dilibatkannya unit-unit selain Eselon I Pusat, adalah wujud semangat reformasi, yang terus menerus digencarkan sampai struktur terbawah. Diharapkan nantinya, kesemuaan satker di Kementerian Agama tidak lagi asing dengan istilah “reformasi birokrasi”.

Dibuka resmi oleh Menag bertajuk “Mari Akselerasi Reformasi Birokrasi”, Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi capaian penilaian reformasi birokrasi Kemenag ini. Hasil evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2016, Kementerian Agama meraih nilai 69,14 atau naik 6,86 poin (kategori B). Tahun 2015 62,28 kategori B.Sedangkan di tahun 2014 angka capaian RB kemenag 54,83 atau kategori CC.

Selain mengapresiasi, Menag juga mensyukuri hasil yang didapat oleh Kemenag dalam capaian RB-nya. Lukman mengatakan bahwa nilai ini adalah hasil terbaik untuk kita saat ini. Namun harus terus ditingkatkan.

Lukman mengibaratkan Kementerian Agama adalah kapal Induk/kapal tanker yang amat besar dan vital. Kapal besar tentunya butuh upaya besar pula untuk berputar arah ke kiri maupun ke kanan. "Sama dengan pelaksanaan RB di Kemenag, tentu butuh waktu karena besarnya satker Kemenag," ujarnya. Menag menambahkan bahwa untuk mengakselerasi reformasi birokrasi di Kementerian Agama, semua kita (ASN Kemenag) harus keluar dari rutinitas. Senantiasa memberikan ruh di segala kegiatan yang dilakukan. Tak lupa Menag mengingatkan agar seluruh pegawai senantiasa termotivasi melakukan inovasi perubahan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang turut hadir dalam pembukaan raker menilai, reformasi birokrasi di Kementerian Agama berjalan baik. Hal ini ditandai dengan capaian nilai 69,14 (kategori B). Asman bahkan optimis Kemenag bisa segera mendapat nilai 70 80 dengan kategori BB.

"Sebentar lagi akan mendapatkan BB, sangat baik (70-80). Itu artinya reformasi terlaksana di Kementerian Agama. Ini merupakan langkah nyata dalam akselerasi reformasi birokrasi dan peningkatan akuntabilitas kinerjanya," ujar Asman.

Selain Menteri PAN & RB, tampil pula sebagai narasumber Menteri Keuangan Sri Mulyani yang turut berbagi terkait pelaksanaan RB di Kementeriannya.

 

 

Kontributor: Fajar Harnanto

 

Redaktur: Asnawi


Fajar Harnanto | 2017-04-12 09:33:20 | Fajar Harnanto | 2017-04-12 09:33:20
Sirandang