Hadiri Bintal Pegawai Itjen, Menag dan Irjen Sepakat Kawal Kemenag Tetap "on the track"

Jakarta [ItjenNews] - Menghadiri acara pembinaan mental pegawai (bintal) Inspektorat Jenderal di penghujung tahun (30/12/2016), Menag beri sambutan sekaligus arahan. Acara yang digelar rutin dua kali, di awal dan di akhir tahun ini bertujuan untuk memberikan dorongan moril para pegawai, khususnya di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. Diharapkan seluruh pegawai Itjen senantiasa menjadi pribadi yang baik dan terus berkinerja maksimal.

Acara Bintal ini dibuka dengan paparan Irjen, Moch. Jasin selaku tuan rumah penyelenggara, dengan paparan capaian kinerja pengawasan yang dilakukan Itjen selama setahun. Di antaranya penyampaiaan terkait Laporan Kinerja (LK). Beliau mendata ada beberapa kinerja Itjen yang sudah melampaui target, yakni di bidang audit kinerja (melebihi 100% untuk jangkauan satker yang diaudit). Selain itu, pendampingan laporan keuangan berbasis accrual gencar ditingkatkan oleh para auditor agar opini BPK kepada Kemenag kembali menjadi WTP di tahun 2017.

Menag menyampaikan dalam arahannya, sebagai pranata di Kementerian Agama kita harus menyatukan ritme kerja agar Kementerian Agama tetap on the track. Sebagai kader-kader "pilihan dari yang pilihan", posisi Itjen dinilai sentral untuk menjaga performa Kemenag agar tetap baik. Yakni melalui upaya pengawasan yang menjadi tusi utama di Inspektorat Jenderal. Lebih luas Menag menambahkan bahwasannya ASN Kemenag harus menjadi teladan bagi masyarakat, dalam konteks NKRI, di mana posisi agama yang begitu pokok. 

Terakhir, Menag menyampaikan terkait tindak pengawasan, Inspektorat Jenderal harus mengutamakan pencegahan, serta pengayoman, namun tetap tidak menghilangkan ketegasan dalam penindakan bagi yang sudah melampaui batas. “Tindakan pencegahan, maupun penindakan harus berdasarkan cinta. Tindak Pengawasan harus senantiasa dalam konteks memperbaiki, oleh sebab itu kedepankan pencegahan.” Imbuh Menag.


Kontributor: Fajar Harnanto


Redaktur: Nurul Badruttamam


Fajar Harnanto | 2016-12-30 18:44:39 | Fajar Harnanto | 2016-12-30 18:56:43
Sirandang