Dimotori Itjen, PMPRB Panel I 2017, Tularkan Komitmen dan Semangat Tingkatkan Indeks RB Kemenag



Depok [ItjenNews] - Reformasi Birokrasi selama ini sudah menjadi semakin akrab terutama di lingkup Kemenag. Mengusung konteks perbaikan di pelbagai sektor yang diukur oleh indeks RB, menjadikan Kemenag terus berbenah baik secara internal maupun eksternal.


Acara yang diselenggarakan mulai tanggal 8 s.d. 10 Februari di Hotel Santika Depok ini, kembali mengundang para “pejuang RB” Kemenag di lingkung Unit Eselon I Pusat yang tergabung dalam kelompok Kerja (Pokja). Pokja inilah yang secara konsisten dan simultan terus berupaya membangun sistem dan memberi input perbaikan agar indeks RB Kemenag bisa merangkak naik.


 Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi PMPRB adalah salah satu “puzzle” pengungkit yang menjadi penilaian penting guna meningkatkan indeks RB. Oleh sebab itu, Inspektorat Jenderal melalui Subbag Ortala bertekad menghelat acara ini di awal tahun anggaran guna menjadi “pemantik” kegiatan terkait RB khususnya di lingkup Unit Eselon I dan lebih luas lagi di seluruh satker Kemenag.


Diawali dengan paparan-paparan dari narasumber yang kompeten dalam RB, acara ini dititik beratkan kepada penyusunan dan pendataan rencana aksi yang terkait dengan reformasi birokrasi. Hasilnya tergolong baik, ternyata setelah dilakukan paparan pendataan oleh masing-masing utusan Unit Eselon I, telah didapati rencana aksi yang konkret yang siap dieksekusi di tahun ini. Tak ayal ini menjadi berita bagus sebab hal ini mengindikasikan bahwasanya kesadaran yang muncul dari internal Kemenag  (baik dari kalangan pimpiman hingga ke bawah) guna menaikan indeks RB sudah mulai “subur” dan siap menuai progres yang signifikan. 


Diungkap oleh Naptalina Sipayung selaku perwakilan Kemenpan & RB yang bertugas mengevaluasi dan memberi penilaian RB kemenag, dalam kesempatan menjadi narasumber di acara ini mengungkapkan, bahwa progres Kemenag sangat terlihat. Di tahun ini, Nilai komponen Pengungkit (yang sudah dinilai) mengalami peningkatan menjadi 39,68%. Hal ini diraih dari peningkatan beberapa partikel pengungkit salah satunya adalah di sektor penataan peraturan perundangan yang naik ke angka 2,71, penguatan akuntabilitas di angka 3,89 dan yang paling menonjol terjadi di sektor penguatan pengawasan yang menyentuh angka 7,16 yang sebelumnya berada di angka 6,31.


Diharapkan setelah acara ini, komitmen pokja RB (Unit Eselon I Pusat) dapat terus terjaga, dan spirit meningkatkan indeks RB kemenag bisa terus terpupuk dan ditularkan kepada satker-satker lain di bawahnya.




Kontributor: Fajar Harnanto

Redaktur: Nurul Badruttamam


Fajar Harnanto | 2017-02-10 09:35:00 | Fajar Harnanto | 2017-02-12 22:25:52
Sirandang