Bimtek Kearsipan Itjen, Ingatkan Urgensi Penataan Arsip Pengawasan


Dok: ItjenNews

Depok [ItjenNews] - Penataan pengelolaan arsip di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama sudah mencapai titik kritis. Hal ini mendapatkan perhatian khusus oleh Subbagian Tu dan Humas di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, dengan menyelenggarakan Bimtek "Strategi Pengelolaan dan Penertiban Arsip" 

Diselenggarakan selama tiga hari (7s.d.9 Agustus) di bilangan Depok, Jawa Barat, kegiatan ini menitikberatkan kepada langkah konkret agar arsip di Itjen dapat dikelola sebagai mana mestinya.

Disampaikan oleh salah seorang narasumber yang berasan dari Arsip Nasional (ANRI), Yuniarti Eka Basuki bahwa seluruh aktifitas pekerjaan di lingkungan Institusi pastilah akan menghasilkan arsip. Arsip inilah yang harus dikelola dengan baik. Sebab Arsip merupakan aset dari institusi itu sendiri.

"Arsip adalah identitas organisasi," tuturnya. Menurutnya bila Itjen mempunyai koor pengawasan maka, outputnya harus bisa terlihat melalui arsip-arsip yang dihasilkan. Arsip inilah yang kemudian harus ditata agar dapat menjadi suatu bahan informasi bagi Instansi tersebut.

Yuniarti juga menggarisbawahi bahwasanya ketika Itjen melakukan Tusi sebagai piranti pengawasan, maka hasil pengawasan tersebut sewaktu-waktu akan menjadi hal yang paling dicari untuk evidence bila diperlukan.  "Arsip mewakili fakta yang direkam," ujarnya. 
Nantinya, kegiatan ini ditargetkan memiliki output yang signifikan terhadap pengelolaan arsip di Itjen. Mulai dari pembenahan ruang arsip, hingga menunjuk "duta-duta" arsip di masing-masing unit pengolah arsip (subbag).

"Mudah-mudahan kita bisa merevolusi tentang kearsipan di Itjen ini," tutur Asnawi, Kasubbag TU dan Humas yang turut memoderatori narasumber dari ANRI.



Kontributor: Fajar Harnanto

Redaktur: Asnawi



Fajar Harnanto | 2017-08-08 13:11:46 | Fajar Harnanto | 2017-08-08 13:11:46
Sirandang