Irjen: Jangan Segan-segan Untuk Konsultasi Kepada Itjen

Irjen berikan arahan urgensi Reviu RKA K/L dalam Pembahasan Rencana Kinerja 2019

Bogor, [ItjenNews]“Reviu Rencana Kinerja Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA K/L) oleh Itjen untuk memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan dan keabsahan atas RKL K/L, Itjen sebagai pemberi catatan atas reviu,” kata Inspektur Jenderal M. Nur Kholis Setiawan dalam lanjutan kegiatan pembahasan Rencana Kinerja Tahun 2019, Kamis (02/08).

Dalam paparannya Irjen mengatakan perencanaan harus mengikuti money follow program, ada dua fungsi Kemenag yakni fungsi keagamaan dan Pendidikan.  Menurutnya moderasi beragama tidak mungkin diwujudkan jika stakeholder yang ada tidak di tingkatkan, dalam hal ini penyuluh agama dan minimnya guru-guru agama di sekolah umum. “PR kita kedepan, perencanaan kita harus bisa menjawab tantangan dan kebutuhan zaman,” tegasnya.

Saat ini, Paradigma baru Itjen bukan lagi watch dog melainkan peran mitigasi, pendampingan dan early warning system. “Meskipun menitikberatkan peran pencegahan, Itjen juga tetap menjalankan peran Litigasi jika ada Dumas terkait 4 hal, abuse of power atau penyalahgunaan wewenang, korupsi, kerugian keuangan negara, dan tindakan ASN yang berpotensi mencoreng marwah Kemenag,” ujar Irjen.

Nur kholis juga menegaskan seluruh pimpinan Eselon I berkomitmen untuk membenahi perencanaan dari awal. “Ini komitmen kami bersama dan Kami mendorong seluruh satker agar apa yang di tahun sebelumnya tidak terlaksana kita cari sebabnya dan membuat perencanaan untuk menanggulangginya,” tambahnya.

Ia berpesan kepada seluruh satker, “Jangan segan-segan untuk konsultasi ke itjen, ketika masih ada keraguan dalam eksekusi program, silahkan berkonsultasi kepada itjen terkait prosedur yang harus dilakukan,” tandasnya.

 

Kontributor: M. Ubaidillah

Redaktur/Editor: Nurul Badruttamam/Fajar Harnanto